Belajar Ndongeng


Belajar Ndongeng nih buat anak2 kita nanti sekaligus untuk anak2 Indonesia ke depannya. Amiiinn

karena telat, yah ada beberapa yg belom kecatet hehehe
Pendapat pribadi nih, fase anak2 adalah sebuah fase penentu masa depan. Mereka lucu,imut, masih bisa diarahkan, dan belum tahu tentang suatu ilmu pengetahuan tapi rasa keingintahuannya tinggi.
Dunia anak2, masih sebatas mengetahui benda mati, gak dibatasi norma, tak dibatasi menilai dengan penampilan, namun ada 1 yang mereka ketahui, yaitu bisa merasakan. seneng, sedih, dingin, seru, panas. jadi mereka menilai dengan perasaan. Berbeda dengan orang dewasa, mereka menilai dengan mikir. Karena sudah mengetahui dari ilmu yang telah dipelajari.
Yang anak2 ketahui itu rasa. Maka, dunia mereka hanya main, main, dan main..., ðŸ˜€
Mendongeng atau menceritakan adalah komunikasi. Tentang menyampaikan pesan. Dalam agama pun, Allah memberikan kita pengajaran lewat cerita, lewat kisah2 orang2 terdahulu.
Nah, dengan mendongeng, kita bisa menyampaikan pesan dan menciptakan rasa, bahkan bisa melampaui dari apa yang dirasakan, bisa pula melunakkan perasaan, Menciptakan suasana bersama, Membangun optimisme, Anak bisa aware situasi dan kondisi karena telah terbiasa merasakan
Kunci dari mendongeng ada 5, yaitu, 1. Mental (kita harus punya mentalnah karena itu kita harus menetapkan tujuan. Apa sih,,, yang kita inginkan dari kita mendongeng.. misal, menghibur anak2, mengajarkan nilai2 moral dengan pemahaman dari perasaan yang dirasakan karena mereka belum ngerti dengan istilah. 2. Punya Cerita n menguasai cerita dan juga bisa membayangkan emosi dari tokoh dalam cerita, sehingga ketika disampaikan, audiens seperti baper gitu deh, wkwk. 3. Suara, harus dilatih. 4. Ekspresi, Ekspresi itu dirasakan dulu, lalu diluapkan, perasaannya kayak gimana... keluarin aja.. n lebay aja gpp.. krn emg hrs mendramatisir.. kan anak2 itu pake perasaan.. 5. Bahasa Tubuh, tubuh kita aja, udah bisa dijadiin properti yang luar biasa, MasyaAllah dah, baru sadar..
Langkah-Langkah Mendongeng :
Sebelum dimulainya mendongeng, kondisi dan perasaan anak2 beda2. jd hrs di satukan dulu. Bisa dengan basa basi,dll
Selalu lakukan kontak mata pada audiens, tatap mata mereka satu2, karena mata adalah jendela hati, dan kita bisa mendengar perasaan mereka dari mata. Lakukan apresiasi dengan menatap mata bagi anak yg menjawab pertanyaan
Hadap depan. Agar audiens tau gimana ekspresi kita, sehingga bisa merasakan. Jadikan setiap kata yang keluar itu ada rasanya.
Untuk cerita yang menyenangkan, tanda keberhasilan adalah ketika ada anak2 yang tertawa lepas, kadang sampai kram, maka jangan buru2 kita alihkan atau kita teruskan cerita kita, karena tawa seperti itu sangat tak mudah untuk ada, maka biarkan, agar seseorang itu menikmati. begitu jg dgn cerita2 yang lainnya...bagaimana respon anak2
Bahasa tubuh itu alami,, dari kegiatan ini aku baru sadar, ternyata Allah, Sang Pencipta telah memberikan kita anggota tubuh yang bisa digunakan untuk properti lengkap. Tangan kitam bisa memperagakan untuk sesuatu apa saja, semau kita, dan itu kita memeragakan dengan alami... tidak ada yang pasti.
Jujur terhadap perasaan saat ada di depan, biar kita tenang n gak terbebani. Misal, gugup, ya katakan aja.. "Anak2 kakak gugup nih.." Tanggapi dengan positif
Ada dramatisirnya, misal, bisik2.. Jadikan audiens gak tau gimana ending ceritanya
Jangan pernah terbebani dengan nilai moral yang harus disampaikan, karena sejatinya itu semua dirasakan.. Jangan dikasih kesimpulan, tp tunggu respondnya.. biarkan mereka berpikir. kita cukup bertanya, menurut kalian cerita nya gimana.. atau, kamu suka tokoh yang mana... sudah itu aja, gak usah disimpulkan.. biarkan mereka berpikir..
Jangan pernah merespond negatif dengan berkata jangan, tidak boleh.
Mendongeng itu ada 2, dengan membacakan cerita pada buku (dibaca aja tanpa perlu ada yang dirubah, sambil ditunjuk kata2nya, supaya anak tahu bahwa buku itu menyenangkan, ini mengajarkan literasi) dan dongeng kreatif (cerita boleh diganti, boleh disesuaikan dengan anaknya)
Mendongeng itu meluangkan waktu, bukan mencari waktu luang
Terakhir, lakukan semua dengan hati karena rasa itu akan abadi, sehingga seseorang bisa tersenyum karena mengenang sebuah rasa yang pernah singgah di hati  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar