Marathon di Bulan Ramadhan

Dalam suatu hadis, Allah menawarkana bahwa setiap hari di Bulan Ramadhan, setiap waktu matahari terbit, Allah mengangkat 1 juta orang di dunia yang aslinya ahli neraka, menjadi ahli ibadah.

Maka ramadhan ini waktu nya kita marathon ibadah,waktu yang sangat sempurna untuk lari dari neraka.  Semoga kita termasuk dalam 1 juta orang itu. Jaga diri kita dari neraka. Bentengi  terus. Apa saja lakukan untuk bisa menjadikan 1 orang dari 1 juta orang di dunia itu. Banyakin berdoa, kurangin mencela.  Berharap kepada Allah agar diterima, penuh-penuhin hati kita dengan taat, maka carilah pergaulan yang taat.
Sehingga dari hari ke hari di bulan Ramadhan ini yang harus kita lakukan adalah :
1.       Niat, memnuhi ibadah di bulan Ramadhan
2.       Hijrah, melangkahkan kaki kita untuk lebih baik
3.       Ingat, Allah itu memperkenalkan dirinya dengan kalimat Bismillahirohmanirohim, Allah menyebut DiriNya Penyayang dan Pengasih, bukan bilang, Aku adalah Tuhanmu yang menciptakanmu, maka sembahlah Aku. Artinya, Allah itu Sangat penyayang, dan pemurah, pemaaf, dn segalanya yang tertuai di Asmaul Husna, dengan demikian kita diharap berakhlak seperti sifat-sifat yang ada di Asmaul Husna. Allah mengajarkan tentang ketulusan. Meski kita melakukan dosa sebesar apapun, asal bukan syirik, maka Allah akan mengampuni dengan kasih sayang-Nya yang sangat luas.
4.       Bagi pria, perbanyak beri’tikaf di masjid, sedang bagi perempuan I’tikaf di rumah, maka jadikan rumahmu seperti masjid, bukan seperti kuburan, padahal kamu belum waktunya di kuburan.
5.       Memulai dan mengatur waktu, ingat, penuhi bulan ini dengan ibadah, kita fokuskan untuk Allah

Habib Alwi Al- Haddad adaah seorang waliyullah. Kitabnya sangat banyak. Banyak poll. Beliau juga membuat doa-doa, yang mana dengan doa itu akhirnya bisa kit abaca, untuk meminta kepada Allah. Doa-doanya itu seperti gak pernah kita kepikiran akan berdoa seperti itu tapi beliau kepikiran, dan akhirnya ditulisah. Maka ada doa setelah membaca surat Yasin, Tahlil, Rotib Al-Haddad, Wirdhu Latif, Qosidah, bahkan bacaan yang masyhur ketika ziarah ke makam waliyullah itu juga beliau yang membuat.  Sesungguhnya, tidaklah lisan itu lancar dengan doa kecuali tanda Ridho-Nya Allah, berarti dia adalah orang yang dekat dengan Allah.
Inilah hal yang harus kita syukuri, kalau tidak ada peninggalan-peninggalan beliau dari para salafushalih, maka mungkn kita bingung. Pernah gak ngerasa bingung mau doa apa ke Allah ? Dihati itu pengen ngomong, tapi bingung gimana kata-katanya.

Saya sangat terheran dan takjub, karena kitab Habib Alwi Al Haddad ini sangat banyak, dan sangat bagus. Kebanyakan isinya mengajarkan agar kita bisa lebih mencintai akhirat daripada mengajar dunia. Sehingga, bikin adem ati pas ngaji kitab beliau.
Teringat akan cerita dari guru saya, Ustad Afif, beliau dan Ustad Awar yang mengajarkan untuk membaca Ratib Al-Haddad, dan Alhamdulillah saya diberi yang versi lengkap, beserta sanad dari pembawa Ratib ini yang ke Malang, yaitu Habib Abdulqodir bin Ahmad Bilfaqih, Habib Abdullah bin Abdulqodir Biilfaqih, dan Habib Alwi Alydrus, yang guru saya mendapatkannya dari sanad Habib Hadi, yang saat ini beliau masih hidup. Hendaknya Ratib ini harus istiqomah dibaca, bagaimanapun keadaannya, ditargetkan berapa kali sehari, pokok harus istiqomah.
Jadi cerita guru saya yang juga suka sekali, bisa diibaratkan ngefans banget, yaitu, Habib Alwi Al Haddad adalah seorang yang buta dulu waktu masih hidup. Dan beliau sangat tawadu’ dan banyak orang yang tidak suka kepada beliau. Beliau juga mempunyai murid tapi sedikit. Ketika beliau meninggal, lalu kemudian beliau terkenal berkat murid-muridnya yang mengajar di berbagai tempat.  BeliaUntuk leu memang seorang wali, bahkan wali quthub sejak remaja dan menajdi wali selama 60 tahun. Untuk lebih mengetahui beliau, bisa di lihat di web yang memuat biografi beliau. 
Para salafunashalih memang yang mereka minta adalah dimuliakan dari ibadah, tidak seperti kita, umat zaman akhir yang terlalu banyak mengejar dunia. Akhirnya, Allah memuliakan mereka. Sudah lama mereka tidak ada di dunia, tapi namanya masih sering disebut orang, kitabnya masih dipelajari, dan banyak orang yang mengirimkan doa, padaha sudah bisa dipastikan beliau masuk surga.

Keutamaan 5 perkara yang hanya diberikan umat Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadhan bagi yang berpuasa sungguh-sungguh adalah :
1.       Aroma mulut orang yang berpuasa, di mata Allah lebih wangi dari minyak kasturi
2.       Orang yang sedang berpuasa sesungguhnya keadaannya dibacakan istigfar oleh seluruh ikan-ikan yang ada di laut sampai berbuka puasa (pada laut sedunia)
3.       Allah memperindah surgaNya setiap hari di Bulan Ramadhan, Dikisahkan malaikat bertanya, “Mengapa setiap hari kami harus menghias surgamu ini Ya Allah… ”, “Ini bulan Ramadhan, sebentar lagi hamba-hamba-Ku yang sholeh akan kembali, jaga-jaga buat mereka yang saat ini kembali, mereka tidak aku masukkan barzakh tapi Ku masukkan surga”Jawab Allah. Jadi, bagi orang yang sholeh dan meninggal di Bulan Ramadhan, di alam Barzakhnya rasa surge. Padahal  surga itu sudah indah, tapi tetep diperindah lagi, diperindah lagi, saat Ramadhan
4.       Setan diikat, dan tidak ada yang selamat 1 pun di bulan ini
5.       Diampunilah di setiap malam oleh Allah, dibayarlah kerja kita dalam 1 hari penuh itu (puasa, sholat, dzkir, sedekah, dan amalan serta ibadah yag lainnya). Sehingga ia menjadi orang seperti bayi dilahirkan. Bersih dan suci, yang mana puncaknya adalah saat Hari Kemenangan, yaitu 1 Syawal
Dari Dauroh Romadhon di Majlis Banaat Zahra, 26 Mei 2018, setelah vakum 5 hari karena harus masuk sekolah, hiks, But Stay Alhamdulillah masih bisa menuntut ilmu di bulan ini.

Ditulis ta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar